Kamis, 09 Mei 2013

Relevansi Kepastian Hukum



JUDUL                                  : RELEVANSI KEPASTIAN HUKUM DALAM MENGATUR 
                                                  PERKAWINAN BEDA  AGAMA DI INDONESIA
PENGARANG                     : Dr. Mudiarti Trisnaningsih
PENERBIT                           : CV. UTOMO/2007/BANDUNG

DAFTAR ISI
BAB  I                         PENDAHULUAN
BAB  II                       PENGARUH AGAMA TERHADAP HUKUM PERKAWINAN
A.    Perkawinan Umat Beragama
B.     Pengertian Agama Secara Umum
1.      Peristilahan Agama
2.      Sumber Agama dan Budaya Agama
3.      Aliran Kebatinan dan Kepercayaan
C.     Wacana Pengalaman Beragama
1.      Beberapa Konsep Teoritik
2.      Makna Pemahaman Agama Secara Umum
a.       Agama dan Sifat Mendua
b.      Agama dan Kemanusiaan
c.       Agama Menciptakan Keadilan
3.      Pemikiran paradima sebagai Kontribusi Mengatasi Persoalan antar Agama
a.       Selintas tentang Paramadina
b.      Pemikiran Tentang Fiqih Lintas Agama
c.       Pemikiran Tentang Sinergi Agama-Agama
d.      Pemikiran Tentang Kerjasama Lintas Agama
e.       Pemikiran Tentang Perkawinan Beda Agama
D.    Pengaruh Agama Terhadap Hukum Perkawinan di Indonesia Sebagaimana Tercermin dalam Undang-Undang Perkawinan
1.      Perkembangan Hukum Perkawinan Tahun 1945-1974
a.       Dasar Hukum Pemberlakuan Hukum Kolonial Berdasarkan UUD 1945, UUD RIS 1949, UUDS 1950, dan Dekrit Presiden 1959
b.      Hukum Perkawinan Pasca Kemerdekaan
2.      Perkembangan Hukum Perkawinan Tahun 1974-sekarang
a.       Proses Penerbitan UU No.1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan
b.      Legitimasi Perkawinan Menurut UU No.1 Tahun 1974
c.       Perkawinan Campuran dan Perkawinan Beda Agama
d.      Perkawinan Beda Agama Dalam Praktek
e.       Yurisprudensi Mahkamah Agung Register Nomor 1400K/Pdt/1986 Dalam Kasus Perkawinan Andi Vonny Gani P
f.       Perkawinan Beda dengan Pasilitatordi Yayasan Paramadina

BAB III                      PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DALAM KEHIDUPAN 
                                    BERAGAMA
A.    Pengantar
B.     Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Umum
1.      Perspektif HAM dalam Tataran Nilai
a.       Nilai Moral
1). Berkaitan DenganKebebasan dan Tanggung Jawab
2). Berkaitan Dengan Suara Hati dan Kewajiban
                    b.             Norma Moral
                        1). Obyektivitas dan Universalitas Norma Moral
                        2). Martabat Manusia Sebagai Norma Terpenting
            2.   Perspektif HAM dalam Tataran Konsep
                    a.             Pemahaman Berdasarkan Hak dan Kewajiban
                        1). Hakikat Berdasarkan Hak Moral dan Hak Legal
                        2). Hakikat Kewajiban Moral dan Kewajiban Legal
                    b.  Pemahaman Berdasarkan Aspek Kemasyarakatan
                        1). Konsep Individualisme
                        2). Konsep Kolektivisme
                        3). Konsep Personalisme
                      c. Pemahaman Berdasarkan Martabat Manusia Ciptaan Alloh
            3.    Perspektif HAM dalam Tataran Normatif
                   a. Berdasarkan Sumber Hukum Internasional
                   b. Berdasarkan Sumber Hukum Nasional
                        1). UUD 1945
                        2). UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM
     C.   Hak Asasi Manusia dan Perspektif Agama
            1. Deskripsi Agama-Agama di Indonesia
                 a. Agama Islam
                 b. Agama Kristen dan Katolik
                 c. Agama Hindu
                 d. Agama Budha
                 e. Agama Khonghucu
            2. HAM dalam Perspektif Agama-Agama
               a. Perspektif Agama Islam
               b. Perspektif Agama Khatolik
                c. Perspektif Agama Kristen Protestan
                d. Perspektif Agama Hindu
                e. Perspektif Agama Buddha
                f. Perspektif Agama Khonghucu
            3.  HAM dalam Perspektif Budaya Agama di Indonesia

BAB IV          KEPASTIAN HUKUM DALAM PERKAWINAN INDONESIA
A.    Kepastian Hukum
1.      Pemikiran Hukum dan Demokrasi
2.      Tujuan Hukum dan Kepastian Secara Epistemologi
3.      Fungsi dan Tujuan Hukum
4.      Teori Etis dan Teori Utilitis sebagai Dasar Berpijak Tujuan Hukum
5.      Perkembangan Teori Utilitis Sebagai Dasar Kepastian Hukum
6.      Kepastian Hukum Berdasarkan Ajaran Prioritas Kasualistis
7.      Tujuan Hukum Pengayoman Berdimensi Keadilan Kepastian dan Kemanfaatan
8.      Kepastian Hukum dan Putusan Pengadilan
B.    Perspektif HAM Mengenai Perkawinan Beda Agama
C.    Perkawinan Beda Agama Dalam Perspektif Hukum Perkawinan Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar